INSPIRATIONS

Monday, December 27, 2010

Simulasi Android di Komputer

Ada yang tertarik dengan handphone bersistem operasi Android? atau ada yang udah make Blackberry tapi denger selentingan "Eh bagusan Andoid tau, ngapain jaman sekarang pake BB?". Nah di sini gue coba share simulasi Android biar bisa jalan di komputer, gunanya apaan sih simulasi? ya itu di simulasi ini kita bisa mencoba seperti apa sih HP Android itu? Fitur apaan juga yang ada di Android. Jadi bagi yang berniat ganti HP Android bisa ada gambaran mengenai sistem operasi ini, juga yang penasaran sama Android bisa cobain dulu di simulasi ini.
Nah di sini gue mau share langkah-langkah menjalankan emulator android 1.6 di Windows (Full simulasi, tapi yang jelas tanpa fasilitas telp+sms), skaligus mengakses Android Market dan menginstall aplikasi di emulator, langsung dari Android Market. Simulasi ini full fitur tapi (minus telp+sms) ya.
Oke langsung aja ya langkah2 nya :
Install Android SDK
1. Install Platform Android 1.6 dari android.bat. (\folderInstalasiAndroidSDK\tools\android.bat)
    Langkah ini cukup lama untuk terinstall di komputer, tergantung spek sama koneksi internet yang tersedia, jadi bersabar ya hehe.
2. Buat AVD baru melalui android.bat yang ada di folder tempat anda menaruh Android SDK di komputer anda (\folderInstalasiAndroidSDK\tools\android.bat)
3. Ambil System Image dari HTC (signed-dream_devphone_userdebug-img-14721.zip) (http://developer.htc.com/adp.html#s3)signed-dream_devphone_userdebug-img-14721.zip (mendukung sampai Android 1.6)

4. Unzip isi file zip tersebut (system.img) dan kopikan ke direktori penyimpanan AVD android ( Windows 7 : C:\Users\NAMA_USER_WINDOWS_ANDA\.android\avd\andro id1.6.avd\), replace system.img yang ada disitu.

5. Jalankan AVD tersebut dari android.bat, centang checkbox Wipe User Data jika anda menjalankan sistem ini untuk pertama kali-nya. Untuk selanjutnya tidak perlu lagi.


6. Jika emulator sudah jalan dan masuk ke sistem android, tekan logo-nya, trus abaikan SignIn google account (bisa dilakukan nanti).
 Selanjutnya di skip aja terus sampai keluar tampilan seperti ini
Asiiik sekarang anda udah punya HP Android, hihi tapi cuma di komputer aja ya ga bisa di tenteng.. =P

7. Coba klik browser untuk mencoba koneksi internet-nya.
8. Klik menu Android Market, Sign In menggunakan akun google anda, lalu pilih aplikasi yang anda pingin coba (disini gue coba install Facebook for Android). Tampilannya hampir sama dengan Facebook for iPhone.


Nah gimana menurut anda? Sekarang lah saat nya anda bermain2 dengan Android anda. Install aja aplikasi dari Andoid Market buat iseng2. Klo untuk Twitter sih gue coba saranin pake aja Twidroyd bisa retweet dengan shorten link.
Ok terima kasih selama mencoba guys. =D

4 comments:

  1. Ada kok, itu ada di atas yang tulisannya install SDK sama http://developer.htc.com/adp.html#s3. Hayo di cek.. Selamat mencoba ya =D

    ReplyDelete
  2. ihiy si abang mantep...tolong dibimbing ye gan...

    ReplyDelete
  3. asik...asik...asik... android gratis di kompi.....
    sedotttttttttttt............

    ReplyDelete